-

Selasa, 20 Oktober 2015

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Dengan Sayur Brokoli

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Dengan Sayur Brokoli,Brokoli atau yang dalam bahasa latin memiliki nama Brassica Oleracea merupakan tanaman yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia. Bahkan sejak ribuan tahun lalu brokoli sudah dibudidayakan dan digunakan sebagai salah satu olahan makanan yang kaya akan gizi.

Sekilas Tentang Brokoli
=>Tanaman brokoli termasuk dalam jenis kubis-kubisan seperti pada manfaat kol. Pada perkembangannya, brokoli memang baru-baru saja masuk di Indonesia dan kini semakin populer, apalagi manfaat brokoli sangat dikenal bagi yang sedang menjalani program diet. Tampilan brokoli memang seperti layaknya pohon kecil dengan daunnya yang rimbun dan mirip seperti kembang kol. Seperti bayam atau kangkung, khasiat brokoli juga akan hilang jika dimasak terlalu lama.

Kandungan Gizi Dari Sayur Brokoli
=>Kandungan nutrisi dari brokoli bisa dibilang cukup lengkap. Dalam brokoli terdapat beberapa zat gizi seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral seperti kalsium juga zat besi. Kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli juga sangat bagus untuk kesehatan.

Khasiat Dan Manfaat Sayur Brokoli
  • Membantu program diet menurunkan berat badan Sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan anda. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin serta mineral, dan rendah kalori juga lemak.
  • Mencegah penyakit jantung Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.
  • Menjaga ketajaman penglihatan Kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.
  • Menjaga kesehatan kulit Memiliki kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahannya adalah impian semua orang. Bukan cuma wanita. Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.
  • Menjaga kesehatan pencernaan Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.
  • Mencegah penyakit kardiovaskular Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.
  • Mengontrol tekanan darah Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar